Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya

adsense 336x280

Kisah Sukses Sosok Pendiri Indomaret, Salah Satu Taipan Indonesia Berbelanja ke minimarket niscaya sudah dialami banyak orang. Hal tersebut alasannya adalah minimarket mempunyai banyak sekali produk rumah tangga yang anda perlukan. Salah satu minimarket terpopuler di Indonesia yakni Indomaret. Indomaret bangun dibawah naungan sosok pendiri Indomaret  yang terpopuler di tanah air, yaitu Salim Group.





Salim Group sendiri diresmikan oleh Soedono Salim atau Liem Sioe Liong yang ialah orang tiongkok yang merantau di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda. Beliau sukses mengembangkan banyak sekali perusahaan ternama. Hingga sekarang, perusahaannya masih dilakukan oleh putranya yakni Anthony Salim. 





Daftar Tulisan


Sekilas Tentang Indomaret





Indomaret ialah gerai minimarket yang dibuat dengan metode franchise oleh anak perusahaan Salim Group. Sejak tahun 1988 sampai tahun 2021 ini, Indomaret sudah sukses berbagi pangsa pasar penjualan produk rumah tangganya di 18.939 gerai di seluruh Indonesia.





Produk-produk yang dijualnya mencakup makanan ringan/siap saji, minuman dalam kemasan, kosmetik, peralatan rumah tangga, obat-obatan, sayur dan buah-buahan, pembayaran elektronik, dan sebagainya. Hal ini memudahkan para pelanggan untuk membeli produk dan melaksanakan pembayaran dalam satu daerah dan satu waktu.





Visi Indomaret





Seperti perusahaan yang lain, Indomaret juga memiliki visi yang turut dikembangkan dari dahulu sampai sekarang. Visinya yakni “Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggil dalam persaingan global. 





Makna dari visi tersebut bahu-membahu Indomaret dikembangkan selaku aset paling besar skala nasional. Dimana pengembangannya yakni dengan cara membuka ritel-ritel dengan tata cara waralaba. Pelayanan terbaik senantiasa diberikan dari karyawannya kepada para konsumennya. Hal ini menjadikan Indomaret sebagai minimarket yang bisa bersaing secara global.





Sosok Pendiri Indomaret





Sudah banyak yang mengenali bahwa sosok pendiri Indomaret adalah seorang konglomerat asal Tiongkok yang mampu menuai hasil di Indonesia. Beliau ialah Soedono Salim (Liem Sioe Liong) yang lahir pada tanggal 19 Juli 1916 di Tiongkok dan meninggal di Singapura pada tahun 2012.





Di balik kesuksesannya, Soedono Salim memang merupakan eksklusif yang sigap dalam pekerjaannya semenjak di usia belia. Awal rintisan kariernya, dia bisa mendirikan bisnis rempah-rempah dan juga tekstil.  Secara bertahap, Soedono Salim mampu mendirikan lebih dari satu perusahaan yang masih kuat berdiri hingga sekarang. Salah satunya ialah Indomaret.





Indomaret mulanya diresmikan pada tahun 1988 di tempat Ancol. Bangunannya masih berupa toko biasa. Mulai dari situlah, jejak Indomaret meningkat dari satu gerai di Jakarta, merambah sampai ke banyak sekali pelosok di Indonesia. Setelah Om Liem memasuki masa bau tanah, hingga meninggal di tahun 2012, Indomaret kini dipegang oleh putranya yakni Anthony Salim.





Penerus Indomaret





Anthony Salim atau Liem Hong Sien ialah salah satu putra dari sosok pendiri Indomaret, Soedono Salim. Anthony lahir di Kudus pada tanggal 25 Oktober 1949. Berbagai cabang bisnis yang dahulu didirikan oleh ayahnya kini beliau teruskan bersama istrinya, Fransiscus Welirang. Akan namun, CEO Indomaret dikala ini bukanlah Anthony, melainkan dipegang oleh Sinarman Jonathan.





Berbagai penemuan yang dikembangkannya pada bisnis retail Indomaret ini bisa menghasilkan laba yang besar. Diketahui, pada tahun 2019 Anthony Salim tersorot oleh majalah Forbes memiliki kekayaan bersih sampai 5,5 miliar USD. Hal tersebut sebab bisnis yang dijalankannya tidak hanya menjangkau pangsa pasar setempat saja, tetapi hingga ke pasar internasional.





Kemudian, Indomaret yang diketahui penduduk bernaung di bawah anak perusahaan PT Indomarco Prismatama. Setelah diakuisisi oleh PT Dyviacom Intrabumi Tbk, Indomarco Primatama menjelma PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk yang mana berstatus menjadi induk perusahaan Dyviacom.





Konsep Bisnis Waralaba





Indomaret menjadi penggagas hadirnya desain waralaba di bidang minimarket dengan penjualan produk rumah tangga di Indonesia. berawal di tahun 1997 yang mampu membuka 230 gerai minimarket, Indomaret secara sedikit demi sedikit bisa mendirikan ribuan gerai baru di aneka macam daerah, tidak cuma di DKI Jakarta saja.





Karena rancangan bisnis waralabanya yang popular di dunia minimarket, Indomaret berhasil menyabet penghargaan selaku Perusahaan Waralaba Unggul di Tahun 2003. Indomaret juga mempunyai rekanan dengan banyak sekali mitra usaha. Diantaranya ialah perjuangan individual, badan perjuangan maupun koperasi.





Pendapatan Indomaret





pemilik Indomart




Tercatat dalam akumulasi pemasukan tahun 2020, Indomaret mampu meraih pemasukan hingga Rp15.86 triliun dari seluruh gerai Indomaret yang tersebar. Sementara keuntungan higienis yang didapatkannya sebesar Rp328.8 miliar yang juga akumulasi laba tahun 2020 dari seluruh gerai Indomaret di Indonesia.





Penyebaran gerai Indomaret sampai bulan Juni 2021, tercatat tersebar di tempat Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Madura, Bali, NTB dan Maluku. Wajar saja, pemasukan dan laba sebesar tersebut dicapai Indomaret karena nyaris 18.939 gerai di seluruh Indonesia mengalami kenaikan konversi pemasaran produk. 





Selain itu, teknik marketing juga dikerjakan untuk mempesona banyak konsumen. Sehingga saban hari pun, gerai Indomaret tidak akan pernah mengalami sepi pemasaran. Salah satu penemuan penjualan yang dikembangkan Indomaret yaitu sistem belanja online melalui webnya yang berjulukan klik Indomaret.





Sehingga selain customer dapat membeli di gerai fisik, anda juga mampu membeli melalui gadget anda secara online. Hal ini akan memudahkan para konsumen yang sedang tidak ingin keluar rumah. Khususnya di isu terkini pandemi saat ini yang mana aktivitas luar rumah sangat dibatasi.





Ciri Khas dan Karakteristik Indomaret





Setiap bidang usaha niscaya memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing. Seperti Indomaret, yang mempunyai motto “Praktis dan Hemat”. Logonya pun berisikan elemen warna biru, merah, dan kuning. Dimana masing-masing warna memiliki filosofi tersendiri yang mendeskripsikan perihal bidang bisnisnya.





Warna biru ialah simbol yang mengakibatkan kehangatan, kematangan dan ketenangan saat Indomaret melayani para customer. Warna merah yakni simbol keberanian sebagai pionir retailer yang unggul. Sementara warna kuning ialah simbol yang ceria dan tulus dalam melayani customer.





Kemudian adapula maskot khas Indomaret yang bernama Si Domar. Si Domar sendiri digambarkan selaku semut. Alasan dipilihnya semut sebagai maskot Indomaret alasannya adalah semut mempunyai sifat yang rajin, royal, ramah di lingkungan hidupnya. Selain itu, semut juga memiliki koordinasi team yang baik. Begitu pula cita-cita yang diambil Indomaret dari sosok Domar tersebut.





Penghargaan yang Diraih Indomaret





Karena mempunyai jasa yang besar dalam menyebarkan bisnis retail di seluruh kawasan Indonesia, Indomaret banyak dianugerahi penghargaan dari berbagai pihak.





  • Diawali dari penghargaan dari Presiden Megawati tahun 2003 selaku Perusahaan Waralaba 2003. 
  • Lalu ditahun 2009 masuk kedalam Top Franchise se-ASEAN.
  • Penghargaan ketiga yakni Indomaret masuk ke jajaran 250 Top Indonesia Original Brands tahun 2012.
  • Di tahun 2013 juga masuk lagi penghargaan berbentukFranchise Brand Awareness Survey, Franchise TOP of minds dan Social Media Award.
  • Hingga di tahun 2016, Indomaret juga menerima penghargaan dari Presiden Jokowi berupa Piala Waralaba 2016.




Itulah pembahasan mengenai sosok pendiri Indomaret yang dapat anda pahami. Kesuksesan yang sukses di raih oleh Soedono Salim yaitu dengan satu kunci, adalah kegigihan. Apapun pekerjaan yang sedang kita lakukan, maka kita mesti bersyukur, dan senantiasa kembangkan potensi karena kesempatan perjuangan selalu terbuka lebar. 


adsense 336x280

0 Response to "Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya"

Post a Comment